Latest News

Wanita Misterius Pembawa Pesan Kematian

 - Banshee dalam dunia modern sering hadir dengan sosok menyeramkan mirip hantu ganas lainnya. Penggambaran yg begitu menyeramkan dan spooky ini ternyata dikarenakan oleh legenda Irlandia atau Skotlandia yg menyebutkanpara Banshee berasal dari roh perempuan yg gentayangan lantaran dibunuh, atau perempuan yg meninggal Saat melahirkan.


 Banshee dalam dunia modern sering hadir dengan sosok menyeramkan mirip hantu ganas lain Wanita Misterius Pembawa Pesan Kematian

Tapi penggambaran ini ini sangat bertolak belakang dengan sejarah mengenai kiprah mereka yg bergotong-royong jauh dari sifat sadis. Kata Banshee disinyalir berasal dari bahasa Irlandia yaitu bean sidhe atau bean si,yg mempunyai Makna “wanita dari dunia peri”. 

Sedangkan dalam bahasa Scottish Gaelic,Banshee mempunyai Maknaan sebagai people of peace atau “orang-orang yg membawa kedamaian”. Dalam mitologi Irlandia, Banshee dikenal sebagai roh perempuan yg menandakan bahwa maut sudah dekat. Oleh lantaran itu makhluk tersebut juga populer dengan julukan pengantar pesan kematian. 

Beberapa theolopist dan penganut Celtic Christians bahkan percaya bahwa sosok Banshee ialah para malaikat yg jatuh dan terjebak di bumi. yg menjadikan Banshee dimunculkan sebagai sosok yg menyeramkan mungkin ada kaitannya dengan kiprahnya sebagai dewi kematian. Banyak ragam dongeng yg memaparkan trik Banshee memberitakan kematian. 

Contoh yg paling sederhana ialah Jika sesosok Banshee muncul di sebuah rumah maka Keliru seorang anggota keluarga di rumah tersebut bakal meninggal. Ada juga dogma bahwa para Banshee memberi menandakan maut dengan menyanyikan lagu berisi lirik-lirik maut sendu pada keluarga tersebut, entah dinyanyikan oleh ia sendiri atau merasuk anggota keluarga berjenis kelamin wanita.

Makhluk ini dipercaya mempunyai kaitan erat dengan beberapa keluarga darah biru Irlandia mirip O’Gradys, O’Neills, O’Briens, O’Connors serta Kavanagh. Jika ada anggota keluarga tersebut yg pergi jauh untuk kiprah atau berperang kemudian meninggal, maka Banshee bakal memberitahu anggota keluarganya dengan menyanyikan lagu murung disekitar rumah. 

Biasanya mereka bernyanyi sempurna pada Saat orang itu meninggal, bahkan sebelum isu maut dibentuk dan disampaikan pihak berwenang.  Jika sekelompok Banshee muncul setrik bersamaan maka hal itu menandakan orang yg meninggal ialah satria ahli atau orang suci. Uniknya nyanyian Banshee bakal tidak sama-beda tergantung dari hubungan sang Banshee dengan orang yg meninggal atau keluarganya. 

Bila mempunyai hubungan baik maka ia menyanyikan lagu bernada lembut untuk menghibur keluarga yg ditinggalkan. Tapi Jika tidak menyukai keluarga atau orang yg meninggal, nyanyiannya (meski tetap sendu) bernada keras dan menyeramkan. Bahkan konon sang Banshee bakal mengabarkan maut orang yg tidak disukainya lewat jeritan yg mengerikan!

Ada juga kisah yg menyebutkan bahwa apabila seseorang meninggal jawaban perang atau pertumpahan darah, selain menyanyi lagu maka Banshee bakal muncul di sungai terdekat rumah anggota keluarga dari orang yg meninggal sambil mencuci jubah atau bajunya yg berlumuran darah. Menurut legendanya, apabila kita berpapasan dengan Banshee yg sedang membasuh baju kemudian menyapanya dengan sangat ramah maka kita bakal mendapatkan dogma mereka. 

Dengan begitu maka ia bakal memberitahu nama anggota keluarga yg bakal meninggal nanti, maupun mengabukan satu permohonan kita. Namun tidak Mudah menyenangkan para Banshee lantaran mereka hanya menyukai orang-orang pintar, khususnya yg piawai dalam bermusik dan berpuisi. Terdapat beberapa versi dongeng mengenai penampakan Banshee, kadang ia menampakan diri sebagai seorang perempuan renta namun ia bias juga berkembang menjadi sebagai seorang perempuan cantik. 

Biasanya ia muncul dengan mengenakan pakaian putih atau abu-abu dengan rambut yg panjang dan indah. Dalam banyak sekali mitos dijelaskan bahwa para Banshee sangat menyukai rambut mereka yg indah dan rajin menyisir rambutnya dengan sisir perak yg indah. Dalam dongeng tradisional Irlandia dipaparkan bahwa Jika kita menemukan sisir yg nampak mahal dan indah tergelatak di jalan maupun di Ireland, kita dihentikan menyentuhnya apabila mengambilnya. 

Pasalnya sisir yg tergeletak tersebut dipercaya disimpan setrik sengaja oleh mereka, dan orang yg mengambilnya bakal dijahili atau diganggu oleh para Banshee. Meski tidak disebutkan bahwa gangguan mereka sanggup berakibat fatal namun mereka sanggup menyesatkan kita sehingga tidak sanggup menemukan jalan untuk pulang.
Sebagai bukti Banshee bukanlah sekedar isapan jepol atau imajinasi orang-orang Irlandia, hingga Saat ini masyarakat Irlandia mempunyai beberapa lokasi khusus yg dipercaya sebagai lokasi tinggal para Banshee. 

Misalnya sebuah kuil yg terletak di istana Dunluce yg dipercaya menjadi lokasi tinggal Banshee yg terikat dengan keluarga O’Donnels. Keluarga O’Neills bahkan punya nama untuk Banshee mereka yaitu Maeveen. Saat ada keluarga O’Neills yg meninggal, dikabarkan bahwa Maeveen bakal muncul di kastil O’Neill dengan wujud seorang perempuan renta dengan gaun putih yg sangat panjang. 

Bukti penampakkan Banshee tercatat di Dublin pada tanggal 6 Agustus 1801, Saat Lord Rossmore sebagai pimpinan pasukan militer Inggris di Irlandia meninggal. Sahabatnya yaitu Sir Jonah Barrington terbangun lantaran mendengar nyanyian yg berasal dari luar jendela.

Setengah jam kemudian ia kembali mendengarkan bunyi lembut yg menyebut nama Rossmore sebanyak tiga kali,dan sempurna pada Saat itulah Lord Rossmore meninggal Sir Jonah Baringgton menyatakn tragedi tersebut sebagai pengalaman yg mengerikan dalam hidupnya. Dan untuk para staff di kediaman Rossmore, dan tragedi tersebut ialah sebagai bukti bahwa keberadaan Banshee mungkin benar-benar ada.

Sumber : palingseru.com

0 Response to "Wanita Misterius Pembawa Pesan Kematian"

Total Pageviews